Minggu, 05 April 2020

KESIMPULAN MATERI PPKN KELAS 7 SMP SITI HAJAR (QUIZ 3) H.116-117


KESIMPULAN MATERI PPKN KELAS 7 (QUIZ 3) H.116-117
              
Bangsa Indonesia yakin bahwa kemerdekaan yang telah diraih adalah berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan juga hasil kerjasama rakyat yang gigih mengusir penjajah tanpa membedakan suku, agama,adat dan budaya dalam perjuangan tersebut. Kerjasama inilah yang menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia mampu mengatasi segala perbedaan dalam kehidupan untuk mencapai satu tujuan bersama yaitu merdeka dari penjajahan.
 
Persatuan dan kesatuan dalam diri rakyat Indonesia menjadi pemicu tumbuhnya rasa satu kebangsaan Indonesia yang berawal dari rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang terjajah, sama-sama menderita selama penjajahan bangsa lain. Penderitaan ini lah yang menggerakkan semangat bersatu dan berjuang untuk bebas dari penjajahan. 

Saat ini, perjuangan bukan lagi untuk mengusir penjajah tapi perjuangan untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan yaitu dengan melaksanakan pembangunan nasional. Pembangunan nasional adalah usaha mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar